15 Feb 2017

Jalan ke Korea Day 1 : Korea Anyeonggggg.. (Bandung-Jakarta-Seoul-Sokcho)

20 Januari 2017

Finally, hari ini datang juga. Izin ngantor sampai jam 12.00 aja, buru-buru pulang, mandi dan langsung capcus ke Travel karena Saya dan Abie dapat travel jam 13.00. Dannnnnn, semobil cuman berdua doang, bertiga sama supir, serasa artis naik mobil van kan HAHAHAHAHA #lebay

nama pun diganti sama travel

Jam 17.00 nyampe Bandara Soekarno Hatta, dan pesawat kita jam 23.00 aja. Udah makan KFC, Solaria, bulak balik mushola buat sholat Ashar, Magrib, Isya, bongkar koper karena ternyata saya bawa Victorinox Champ di ransel (Gak rela kan kalau di sita yaa) arah jarum pendek jam belum di angka 11 juga. Setelah sekian lama menunggu akhirnya kita bisa check in. Pas lagi bagasi check, saya sama Abie deg-degan takut overweight kan mahal ya cyinn biayanya, ternyata kita digabung nyampe 30 kg juga nggak. Dan bagasi kita ternyata masing-masing 30 kg, bukan 20 kg seperti yang kita kira. Tauu gituuuuuuu, segala dibawa, kita karena ngehemat bagasi nyampe Korea baru sadar kalau kurang baju hihihihi.  Masuk ke boarding room, nge-charge power bank sama handphone sebentar, mau masuk ke Garuda Lounge tapi nggak mau ngeluarin uang pede, akhirnya kita muter-muter ngga jelas dannnnnn selfie ðŸ˜›

Jam 23.05 akhirnya kita naik pesawat. Sebagai anak katro yang nggak pernah naik Garuda kalau ke luar negeri, saya dan Abie sibuk ngotak-ngatik entertaiment kit nya Garuda (Maafkan ke katroan kami). Belum begitu lama mengudara (asikk kan bahasanya 😎) welcome kit berupa pouch kecil gitu dibagiin sama pramugari-pramugari cantik, Isinya kaos kaki, masker mata sama penutup telinga. Ngga lama kemudian, welcome meal dibagikan, kalau yang lain dikasih sandwich, saya sama Abie yang udah request muslim meal dikasih semacam burger dari roti gandum gitu, dan dibagiin duluan, jadi maluuuuuu #shyshycat Ngga begitu lama mbak pramugari cantik keliling lagi bawa minuman. Intinya saya kenyang pemirsa....

Biaya 20 Januari 2017
Tiket Travel Bandung-Jakarta  : IDR 160.000
Tiket Pesawat Garuda Jakarta-Korea PP (+Asuransi) IDR 4.739.800
Makan KFC, Solaria di Soeta IDR 87.000
Total 4.986.800

21 Januari 2017

Tidur, nonton film, denger lagu, makan, minum, pipis, belum nyampe juga (ya iyalah 7 Jam). 2 jam sebelum landing sarapan dibagikan, kita dibagi duluan lagi #tambahmalu #wae, menunya: roti, selai, yoghurt, buah, nasi kuning, daging bumbu sate, rebusan wortel dan brokoli. Minuman juga di kasih lagi, kita mau minum susu tapi takut mules, mau wine takut dosa akhirnya milih jus jeruk aja. Dan terakhir tisue basah sama permen di bagi, mungkin biar kita fresh lagi.

Dan sekitar jam 08.30 waktu Korea atau 06.30 waktu Indonesia saya dan Abie sampai dengan selamat sentosa dan bahagia di Seoul Incheon International Airport  dengan suhu -1'C.

Korea Anyeonggggg......

Kesan pertama, Bandaranya bagus. AHAHAHA jauh ya sama Soeta, dan petugas imigrasinya unyu-unyu gak nakutin sama sekali. Ambil bagasi, langsung ke toilet yang nggak ada airnya, pakai longjhon, keluarin syal dan jaket. Dinginnnnnnn #kamitropissejati. Beres imigrasi yang nggak begitu antri kita langsung keluar arrival gate dan cari gate #10, karena mau ambil sim card yang udah beli online di trazy seharga 27 USD dengan kurs 13660, jadi total Rp 368.824 #rinci. KT Unlimited 4G LTE Data Package ini berlaku selama 10 hari, cuman bisa dipake internetan, ngga bisa telepon atau sms, tapi telepon atau video call lewat medsos bisa kok #penting. Dan udah di bawa ke Sokcho, Busan, Jeju, Seoul, nggak pernah hilang sinyal. Btw, hp saya kan cuman 3G ya (sedih, beliin yang 4G dong kaks...) si sim card ini berfungsi juga di jaringan 3G. Recommended #bukaniklanberbayar. Pas lagi nyoba-nyobain browsing, kita dideketin sama mas-mas Jawa tapi gak ganteng (loh) ternyata diaaaaa, minjem jarum pentul buat buka sim card. Huft. 2 kali lohhh dengan 2 orang Indonesia yang berbeda...

Masih rada Jetlag kita cari petugas informasi buat nanya kita ke Seoul Station harus naik apa, karena kereta kuda kita ketinggalan di Garut #apasih Dengan bahasa Inggris lumayan, si Mbak unyu menjelaskan kita baiknya naik Arex atau Airport Railroad Express aja ke Seoul Station. Kita beli Tmoney dulu di GS25 semacam convenience store gitu. Kartu Tmoney ini bisa dipakai untuk naik subway atau bis, bisa dipakai jajan juga di beberapa convenience store semacam Cnu, GS25, dan Sevel. Setelah muter-muter akhirnya kita menemukan  juga Arex ini.
penampakan tmoney unyu

Setelah isi saldo Tmoney dengan konyolnya kita beli lagi single ticket buat naik Arex seharga 4750 won (yang abis kita pakai langsung di refund dapet 500 won, lumayan) zzzzzzzz #kekonyolanmemangselaluterjadiko Arex itu sebenernya ada 2, yang express dan yang biasa alias berhenti di semua station, kita sebagai wanita manja tentu saja milihhhhh...... yang biasa. Karena murah dan nyantai ini kitanya. Lebih jelas tentang Arexdisini

Sampai Seoul Station kita langsung menuju Line 4, turun di Chungmuro Station, keluar di Exit 1. Dan udara dingin langsung menusuk tulang juga membekukan memori masa lalu. Dannnnnnn kita melihat saljuuuuuuuuuu. Alhamdulillah ya Allah anak tropis ini akhirnya ngeliat salju juga. Ost: You Are So Beautiful - Eddie Kim, Beautiful Life - Crush #edisiGoblin

Sesuai arahan dari owner hostel yang namanya entah Sony or Sunny #emangGoblin kita harus cari Shinhan Bank, belok kanan dan tinggal lurus aja, Sambil terpana liat salju, geret koper, bawa ransel kita muter-muter dan gak nemu. Nanya ke kakek-kakek dia ngga ngerti, akhirnya dia manggil segerombolan cowok SMP/SMA buat bantuin kita, tapi mereka ngga tahu juga. Akhirnya kita telepon owner hostel lagi dan dia bilang bakal ada yang jemput kita. Hip Hip Horrayyy....

Nggak berapa lama datang anak cowok umur 20an awal, namanya Jin dia Weekend Manager di Comeon Guesthouse, digiringlah kita (emang bebek) ke hostel yang jalannya tinggal lurus dikit lagi dari tempat kita menyerah dan balik lagi ke Shinhan Bank #janganmenyerah #pelajaran

Disini kita cuman nitip koper aja, karena kita booking buat tanggal 26-30 Januari. Dan kita nitip koper dari tanggal 21, Free loh baik banget yaaa.... Kita nanya-nanya dulu ke Jin kalau ke terminal naik apa, dan dia menjelaskan, dan kita ngga ngerti AHAHAHAHA akhirnya dia mengusulkan kita buat download aplikasi Subway di Hp.

Karena ternyata si aplikasi pakai hangul yang Abie bisa baca tapi ngga ngerti dan saya ngga ngerti sama sekali akhirnya sekali lagi kita muter-muter dan menganalisa peta subway.

Dari Chungmuro Station kita langsung ambil Line 3, melewati 8 station dan sampai di Express Bus Terminal.  Nggak nyampe 15 menit dan tiketnya cuman 1.450 won kalau tiket biasa dan 1.350 won kalau pakai Tmoney. Tmoney kita sempet nggak bisa dipakai jadi kita minta bantuan ke petugas yang jaga di ruang informasi. Dibukain deh pakai hp dia #canggih.

Sampai Seoul Express Bus Terminal, celangak celinguk sebentar cari loket yang jual tiket ke Sokcho dan belilah kita buat jam keberangkatan 16.30 harganya 18.100 won.
tiket seoul-sokcho

Karena masih sekitar jam 3an kita memutuskan buat liat salju dulu di parkiran #kampungan Dan lagi hujan salju dong saudara-saudara, dengan noraknya dan untuk pamer dokumentasi, kita buat instastory dulu ðŸ’‹ðŸ’‹ðŸ’‹

Puas liat salju kita lapaaarrrrrr, Ada nenek-nenek jual kimbap gitu, kita langsung nanya "Daeji Gogi Andwe?" (Gak tau nulisnya bagaimana) yang artinya kira-kira ada yang gak pake daging babi nggak, oh ada kata dia, dia buatin dan makanlah dulu kita disitu

kimbap dan udong
Kimbapnya enak asli, mau beli lagi buat bekel tapi harus hemat, nggak jadi deh. Perut kenyang hatipun riang, lanjutlah kita beli Binggrae Banana Milk di GS25.

susu pisyangg terkenal, 1.300 won

Akhirnya bis datang juga di platform 18 yang makin lama suhunya makin drop, tepat waktu, antri, rapih dan gak pake rebutan. Bisnya bagus, kursinya 2-1 nyaman deh pokoknya. Ketiduran begitu bis mulai jalan, dan bangun ketika supir bis berhenti di suatu tempat yang ngga saya tahu, karena dari jendela bis yang beku nggak keliatan apa-apa. Supir bis yang rapih dan berkarisma banget ngomong kira-kira begini  "tolong pakai seatbelt kalian, ini kondisi cuaca buruk banget, jalanan curam dan ada badai salju, nggak tau kita bakalan sampai jam berapa. Kemarin sih nggak gini." Saya dan Abie bisik-bisik, kita belum nikah ya Allah, selamatkan kamiiiiiiiii......

Sekitar jam setengah 10 kita sampai di Sokcho Express Bus Terminal, Alhamdulillah. Terminalnya kecil, nggak sempet keliling karena kita beku, Sokcho juah lebih dingin daripada Seoul, kita langsung cari Taxi. Supir Taxi yang pertama nggak bisa baca alamat berhangul yang kita kasih, kita disuruh naik Taxi dibelakang, Supirnya masih 30an lah umurnya. Dannnn taxinya bagus ih. Canggih banget dan ada heater-nya, bikin betah. Supirnya bisa bahasa Inggris dikit-dikit, ngobrol-ngobrol dan lumayan jauh ternyata ke hostel kita, Hostel kita masuk di Taman Nasional Soeraksan soalnya. Nyampe Hostel, supir nungguin kita masuk dulu baru pergi. Kamsahamida Ahjussi...

Nyampe Hostel yang kosong melompong, ada memo di meja resepsionis beserta kunci kamar kita. Masuk kamar, takjub sama kamarnya yang lebih nyerupain apartemen. Ada kamar mandi, dapur beserta alat masaknya, rice cooker, kulkas, tv, kasur ukuran queen dan kasur traditional Korea. Nggak berapa lama pintu kita diketok, Pengurusnya Ibu-ibu umur 30an lah, kita diminta ke bawah buat urus pembayaran dulu.

Mandi, makan pop mie, minum susu, gosip, donwload Goblin sama Legend of The Blue Sea, tidur pulaslah kita sambil tersenyum elegan di kasur traditional korea. #bagiantersenyumdusta

"Bang, Adek ke Korea, Bang.."
"SIS, GW NYAMPE KOREA SIS.."