3 Mei 2016

Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Bandung (UPDATE)

Postingan saya tentang membuat paspor tahun 2010 bisa dibaca disini ....

Paspor saya sebenarnya habis masa berlakunya di Desember 2015, cuman karena emang nggak ada waktu buat perpanjang jadinya di diemin, sampai akhirnya saya inget kurang dari sebulan lagi saya ada trip. Mau nggak mau harus cepet-cepet diperpanjang dan langsung kebayang bikin paspor tahun 2010 yang ribet nggak ada dua, malesin deh.

Eh tapi ini 2016 bukan 2010 kaya waktu dulu, yang mau buat paspor aja butuh waktu hampir dua minggu dan harus bulak-balik kesana. Sekarang 3 hari udah jadi dan udah bisa online juga lagi, yippieee....

Sebagai anak kantoran yang kerjaannya di depan monitor dan susah cuti pengennya yang nggak bulak-balik dan simpel, akhirnya saya mutusin buat daftar online aja disini 

Nggak perlu repot-repot scan, cuman masukin data diri beres deh, nanti akan keluar tanggal berapa kita bisa dateng ke kantor imigrasinya. Tapi oh tapi, saya ngisi data tanggal 27 Maret 2016 dapet jadwal di tanggal 21 April 2016, dan saya tanggal segitu udah di Kuala Lumpur, huaaaaaaaa.... Oke, harus dateng langsung berarti. 

Membuat Paspor di Bandung bisa dilakukan di dua tempat :
1. Kantor Imigrasi Kelas I Bandung
    Jl. Surapati No, 82 Bandung
    Telp (022) 7272081

2. ULP (Unit Layanan Paspor)
    Gedung Binacitra Lt. 3
    Jl. Soekarno Hatta No. 162 Bandung samping BCC (Bandung Convention Center)

Tanggal 29 Maret 2016 jam 05.30 pagi saya udah wangi kece berseri sampai di Kantor Imigrasi Jl. Surapati. Gerbang masih ditutup, antrian? Udah ada. Amazing kan. Gerbang akhirnya dibuka jam 06.00. Antrian dibagi dua, untuk yang online dan yang Walk in. Apa kita udah bisa dapet no antrian? Belum, kantornya buka jam 07.30. HAHAHAHAHA

Sambil antri ngobrol sana sini sama tetangga-tetangga antrian dan banyak yang nggak bawa syarat-syarat asli, langsung pada kalang kabut kan, ada yang langsung pulang lagi, telepon minta anterin atau pasrah kaya Abie temen saya, berkas aslinya di Garut soalnya. Saya keukeuh minta Abie tetep antri ya siapa tau aja bisa gitu. Jam 07.30 pintu imigrasi dibuka,dan harapan saya langsung buyar. Sebelum masuk ke dalam kantor, diperiksa dulu berkas-berkasnya, kalau lengkap baru boleh masuk ke dalem dan mendapat formulir. HUAAAAAAAAAAA

Syarat-syarat bisa di baca disini. Cuman perlu bawa KTP, KK, Paspor lama, akte kelahiran atau ijazah. Jangan lupa bawa berkas asli. Kalau bukan KTP Bandung bawa surat keterangan bekerja dari kantor atau Kartu Tanda Mahasiswa ya.

Berkas-berkas udah dicek, saya langsung disuruh masuk dan duduk di tempat yang udah disediakan dan antri lagi untuk mengambil formulir. Cuman nunggu sekitar 10 menit akhirnya giliran saya juga.

Percakapan dengan Bapak Petugas Imigrasi :

SY  : "Pagi Pak..." (Sambil nyerahin berkas)
BPI : "Perpanjang paspor ya?" (sambil meriksa berkas)
SY  : "Iya pak"
BPI : "Kok fotonya beda sih?" (ngeliatin foto di paspor sama ktp)
SY  : "Iya pak itu mah foto dulu, kalau sekarang udah lebih cantik sayanya...."
BPI : "HAHAHAHHAHAHAHA" Ngakak asli bapaknya sambil ngeliatin foto saya jaman dulu ke petugas-petugas imigrasi sebelahnya.
BPI :" Ini formulirnya diisi sendiri ya, jangan sama pacar atau suami diisinya..." Sambil nyerahin map yang berisi formulir sama berkas-berkas saya
Sy : " Iya pak, da saya mah masih single, bapak mau nyariin calon buat saya?'
BPI: "HAHAHAHHAHAHA" Ngakak lagi
Ibadah kan ya bikin petugas imigrasi ketawa pagi-pagi hihihihi...

Sambil menunggu dipanggil saya mengisi formulir yang hanya selembar bulak-balik. Ketika tiba nomor antrian saya, saya datang ke meja yang ditunjuk sambil menyerahkan berkas. Diperiksa oleh petugas sambil ditanya-tanya hal dasar seperti nama, alamat, mau kemana.
BPI 2 : " Berkasnya banyak amat kaya mau ngelamar kerja.. "
SY : " Iya pak buat jaga-jaga kalau ada yang kurang, saya bawa lagi aja ya?"
BPI 2 : "Ngga usah, biar ramee....." zzzzzzz
BPI 2 : "Fotocopy KTP nya gede amat ini.. " (Saya fotocopy KTP sebesar kertas A4 hiihii)
SY :"Browsing di internet katanya harus sebesar A4 Pak..."
BPI 2 : "Maksudnya fotocopynya jelas di kertas A4 sama nggak dipotong bukan segede gini...." sambil ketawa-ketawa.

Setelah diperiksa dan ditanya, saya diambil sidik jari ulang terus di foto.

SY : "Pak yang bagus ya fotonya.."
BPI 2 :"Itu mah gimana bawaan Neng....." Kali ini saya yang ngakak.
SY : "Udah pak, ini aja fotonya" setelah di foto pertama
BPI 2 : "Sekali lagi lah ntar dipilih aja"
SY :"Ah, kurang kece pak, tapi ya udahlah"
BPI 2 :"Yang penting jauh lebih bagus dari foto paspor yang lama lahhh..." Anggeur dibawa-bawa itu foto pasor yan lama

Ngobrol sama Bapak petugas nanyain masalah daftar online kalau kata Bapaknya mending datang langsung aja, kalau datang pagi bentar juga udah beres. Daftar online, dijadwalinnya lama banget dan tetep aja harus antri kesini-sini juga. Bener sih kata si Bapak. Beres saya diminta tanda tangan diatas materai (jangan lupa bawa materai 1 buah aja) dan dikasih kertas untuk pembayaran ke BNI. Diminta datang 3 hari lagi dengan membawa bukti pembayaran Bank. Beres, dan baru jam setengah sembilanan. Bahagiaaaaa!!!!

buat bayar ke bank


Biaya yang harus dikeluarkan sesuai sama yang tertera, IDR 355.000, tapi ada biaya bank IDR 5.000, jadinya IDR 360.000.

Tiga hari kemudian saya datang jam setengah sembilan ke kantor imigrasi. Tuker bukti pembayaran jadi nomor antrian dan voilaaaaaa.... jam setengah sepuluh pagi paspor sudah ditangan saya. Jauh banget asli sama 5 tahun yang lalu.

Terima kasih Indonesia atas reformasi pelayanan publiknya. Saya kan jadi makin Cinta Indonesia HAHAHAHAHAHA #lebay

Notes :
- Kalau bawa mobil parkiran penuh, nggak usah kuatir, bisa parkir di kantor perumnas sebelah banget Kantor Imigrasi, bilang aja mau ke imigrasi. Tarif IDR 5.000/Flat.
- Yang syarat-syaratnya kurang fotocopy-annya, ada tukang fotocopy ko disana.
- Jangan pakai baju putih atau kerudung putih. Abu muda juga jangan, bakalan disuruh pulang lagi. Pakai pakaian yang sopan dan rapi yaaa.....


34 comments:

Anonim mengatakan...

Mba nasibnya abie gimana? Bisa bikin tanpa kk asli? Thanks

andyn mengatakan...

Abie ga bisa d proses, dia dtng beberapa hari kmudian bawa kk asli. Ngga pk kk bisa ko bawa aja ijazah asli pkus fc atau surat nikah, yg pasti brkas aslinya harus d bawa

Anonim mengatakan...

itu dihari yang sama kan ya?

Ion Positif mengatakan...

kalo mau perpanjang paspor lebih dari 6 bulan bisa ga Sis?tapi ktp luar bandung,,,paspor
tki

andyn mengatakan...

kayanya sih bisa asal berkas aslinya ada..

wah saya kurang tau, mungkin bisa langsung tanya ke imigrasinya..

Unknown mengatakan...

Makasih sharingnya, sangat membantu.
Besok lets go ke imigrasi lah, perpanjangan paspor

rellyca sola gracea mengatakan...

mbak tanya dong, kalo ktp luar daerah status mahasiswa, bisa cuma pake KTM atau harus bkin surat keterangan mahasiswa dari kampus? makasih infonya

andyn mengatakan...

pakai ktm aja bisa ko..

Syafitri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Kalo tanpa STTB bisa ngga min? STTB saya di sumatera

rara evelin mengatakan...

Mbak saya kan ktpnya ktp garut, rencananya mau bikin di bandung. Kalo ngasihinnya ktm (bukan surat keterangan kerja) bisa? Soalnya saya kerjanya di rancaekek

the rock mengatakan...

Kalo surat nikah ,bisa fc nya gak? Soalnya surat nikah asli ada di koperasi. Trus kalo ktp Cimahi bisa ya. Nuhun

the rock mengatakan...

Kalo surat nikah ,bisa fc nya gak? Soalnya surat nikah asli ada di koperasi. Trus kalo ktp Cimahi bisa ya. Nuhun

andyn mengatakan...

Kayanya ga pk surat nikah juga bisa, ktp cimahi bisa ko..

andyn mengatakan...

Pura2 masih jd mahasiswa aja mbak hehehehe..

Unknown mengatakan...

Sist kalo stlah pembayaran trs di suruh dtg laginya diambilin org lain boleh ga??

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
andyn mengatakan...

kayanya sih harus ambiol sendiri kecuali pakai surat kuasa..

Aditya mengatakan...

Mba kalo akte kelahiran nya cmn ada fotokopi apa bisa diganti sama berkas asli yg lainnya?

andyn mengatakan...

Boleh ko pilih aja salah satuu...

Unknown mengatakan...

mbak minta petunjuk jalan arah ke kantor imigrasi bandung dari purwakarta menggunakan mobil pribadi. Keluar tol apa yah?

Unknown mengatakan...

Halo teh,

Mau tanya kalau yang tahap akhir (memberikan bukti pembayaran setalah nunggu 3 hari itu) bisa di wakilkan ga ya?
Terima kasih

andyn mengatakan...

mbak retno keluar tol pasteur aja mbak, tinggal lurus turus naik flyover, turun lurus lagi. intinya lurus :p

Kayanya bisa asal pakai surat kuasa, soalnya ambil paspor harus ttd..

Unknown mengatakan...

mba mau tanya, saya kan asli Garut, nah kalo mau bikin d Bandung bisa ga??? syarat2 y bakal sama kaya yg asli Bandung jga ga???

andyn mengatakan...

Temen saya juga dari Garut, sama aja ko bawa aja ktm atau surat keterangan :)

Unknown mengatakan...

Terimakasih teteh postinganya sangat membantu
Tapi kalo ke kantor imigrasinya jam 5 an udah ada org blm ya biar pangheulana

dinta mengatakan...

Ka andyn mau tanya dong,kmrin kan gara2 ada travel fair jadi ngeburu2 bli tiketnya, tp blm bikin paspor ㅠㅠ nama si tiket udah sama ky nama akte (2 kata) tp ditambah nama keluarga, sedangkan kn kti d ktp namanya cuma 2 kata, nah bisa ga ya ka kl si nama di paspor ditambah 3 kata dr nama keluarga?, pernah nanya2 ttg itu ga ka?

dinta mengatakan...

Ka andyn mau tanya dong,kmrin kan gara2 ada travel fair jadi ngeburu2 bli tiketnya, tp blm bikin paspor ㅠㅠ nama si tiket udah sama ky nama akte (2 kata) tp ditambah nama keluarga, sedangkan kn kti d ktp namanya cuma 2 kata, nah bisa ga ya ka kl si nama di paspor ditambah 3 kata dr nama keluarga?, pernah nanya2 ttg itu ga ka?

Unknown mengatakan...

woahhh makasih kaaak infonya, kebetulan minggu ini mau perpanjang paspor dan di Bandung juga. Eh sama pas 5 taun lalu aku pun ngerasain yang super ribetnya bikin paspor lho, duh sekarang udah gampang ya wah syukur lah.

Kak, nice blognya. Ditunggu kunjungannya ke blog traveing ala2 gue dunia-si-ana.blogspot.com
thanks :)

Desfira Amalia Nursyifa Fauziah mengatakan...

Halo kak, aku mau nanya kalo pembuatan paspor apa harus e-ktp ya? Soalnya di website kementrian imigrasi juga gak disebutin apa harus e-ktp atau engga. Aku butuh pasport segera tp ktp nya masih ktp lama dan proses perubahan ke ektp juga lumayan lama bisa ngabisin waktu 1 bulan. Kira kira gimana ya ka baiknya. Makasiiih

Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

andyn mengatakan...

Kayanya kalau ktpnya udh no baru ga apa2 deh, bawa aja kk sm akta klahiran buat dokumen pendukung

andyn mengatakan...

Bisaa sih di urus ntar ada lembar tambahan yg ada namanya. Biasanya kalau yg namanya cmn 2 suku kata buat visa umroh dibuat begini tp klo ga salah skrng udh bisa 2 suku kata. Dicoba aja 😊

Unknown mengatakan...

Ka mau tanya, aku kan kuliah dibandung tp ktmnya belom jadi. Sdgkan ktp aku ktp jateng, kira2 bisa gak ya buat paspor dibandung?

Posting Komentar